USBasp Downloader

usbasp

USBasp Downloader

USBasp Downloader digunakan sebagai Downloader Untuk mikrokontroler dari ATMEL. Dapat digunakan untuk mikrokontroler tipe AVR maupun MCS51. Dengan menggunakan USB akan memudahkan kita untuk melakukan proses download atau programming sebuah program ke mikrokontroler. Downloader USBasp ini tidak membutuhkan catudaya tambahan dari luar, karena semua catu daya sudah di supply dari USB.

 
 

  HARGA : 60.000

 

Advertisements

Detektor suhu

Sekarang aku mau sharing gimana caranya membuat rangkaian detektor suhu yang simpel dan mudah, langsung aja ke TKP. Pada rangkaian detektor suhu ini kita memanfaatkan rangkaian ADC ( Analog to Digital Converter ) atau bisa dikatakan rangkaian yang digunakan untuk mengubah dari analog ke digital. Ada tiga tipe dari rangkaian ADC
– Flash
– Ramp (Counter)
– SAR (Successive Approximation Register)
Tapi pada rangkaian detektor suhu yang akan kita buat ini menggunakan ADC tipe flash. selain rangkaiannya yang simpel kita juga mudah untuk membuatnya. ini adalah blog diagram dari rangkaian detektor suhu,Blog diagram detektor suhu

1. Input

Pada rangkaian input ini kita menggunakan thermistor untuk sensor suhunya. selain harganya murah juga banyak terdapat di pasaran. thermistor yang digunakan jenis PTC ( positif temperature coefficien ). komponen ini sama halnya dengan resistor tapi nilai resistansinya berubah sesuai suhu yang mengenai komponen ini. jadi bisa digunakan sebagai detektor suhu. rangkaian inputnya seperti di bawah. kita menggunkan prinsip dari pembagi tegangan,

sensor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

rangkaiannya sangat simpel kan. jadi dari rangkaian di atas jika suhu berubah maka nilai resistansi dari thermistor juga akan berubah. dan mengakibatkan nilai outputnya juga berubah.

Read more of this post

Data sheet ATmega series

Read more of this post

Download
ATmega Series
ATmega8U2/16U2/32U2
ATmega8HVA/16HVA
ATmega8A
ATmega8535(L)
ATmega8515
ATmega8(L)
ATmega64A
ATmega644
ATmega640/1280/1281/2560/2561
ATmega64(L)
ATmega48PA/88PA/168PA/328P
ATmega48P/88P/168P
ATmega48A/PA/88A/PA/168A/PA/328/P
ATmega48/88/168
ATmega406
ATmega32A

Data sheet IC 74xx series

Read more of this post

74LS00 4x Two input NAND
74LS01 4x Two input NAND, Open collector
74LS02 4x Two input NOR
74LS03 4x Two input NAND, Open collector
74LS04 6x Inverter (NOT)
74LS05 6x Inverter (NOT), Open collector
74LS06 6x Inverter (NOT), High voltage Open collector
74LS07 6x Buffer (NO-OP), High voltage Open collector
74LS08 4x Two input AND
74LS09 4x Two inout AND, Open collector
74LS10 3x Three input NAND
74LS11 3x Three inout AND
74LS12 3x Three input NAND, Open collector
74LS13 2x Four input, Schmitt Trigger NAND
74LS14 6x Inverter (NOT), Schmitt Trigger
74LS15 3x Three input AND, Open collector
74LS16 6x Inverter (NOT), High voltage Open collector
74LS17N 6x Buffer (NO-OP), High voltage Open collector
74LS19 6x Inverter (NOT), Schmitt Trigger
74LS20 2x Four input NAND

Rangkaian counter menggunakan 7 segment

Nah kali ini ku mau share cara membuat rangkaian counter ato bisa dibilang penghitung. Pada rangkaian ini outputnya menggunakan 2 digit 7 segment jd maksimal counternya sampai 99. Rangkaiannya sangat sederhana kok, Hanya menggunakan IC digital. Jd gak perlu pake IC mikro controller yang harus member program. Langsung aja rangkainnya seperti di bawah ini.

nih simulasi dari rangkaian counter.

Read more of this post

Line follower analog

Kali ni q mau share gmana caranya membuat robot line follower analog. udah tau apa blum bedanya line follower analog sama yang mikro.? kalo yang analog tu gak usah pake program. jd tinggal dirangkai udah jadi. tapi kalo yang mikro harus pake program dulu. dan rangkaian elektonikanya lebil sederhana yang analog. mungkin itu bedanya.

Buat kamu yang tertarik dan mungkin baru tertarik dengan dunia robotika bisa belajar dari line tracer analog ini. line tracer analog adalah robot yang paling sederhana ato bisa dibilang dasar dari robot. pada artikel ini akan saya jelaskan gimana caranya membuat robot line tracer yang analog. rangkaiannya sangat sederhana kok. intinya pada robot itu hanya tiga bagian; input (sensor), pemroses, output (aktuator). di bawah ini adalah rangkaian line tracer analog menggunakan LM324 sebagai pemroses ato komparator.

 
Read more of this post

Rangkaian saklar cahaya

Pada rangkaian ini kita menggunakan arus DC untuk mensupply rangkaian dan menggunakan relay sebagai kontak dari jala-jala PLN 220 volt. Jadi beban bukan hanya lampu saja bisa rangkaian yang lain sesui keinginan kita.

Pada rangkaian diatas menggunakan LDR (Light Dependent Resistor) sebagai komponen yang peka cahaya. Komponen ini sama halnya dengan resistor yaitu sebagai hamabatan. Tapi hamabatan pada komponen ini berubah-ubah sesuai intensitas cahaya yang diterimanay. Prinsip kerja dari rangkaian diatas sangatlah sederhana yaitu transistor sebagai switch. Switch yang bekerja sesuai dengan tegangan. Jika basis pada transistor mendapat tegangan maka arus akan mengalir dari kolektor ke emitor dan relay akan aktif . Untuk memberi tegangan pada basis ini adalah dari pembagi tegangan antara vr dan LDR. Jika LDR terkena cahaya maka hambatan kecil jadi tegangan yang masuk ke basis kecil dan rangkaian tidak bekerja. Dan begitu pula sebaliknya. Jika gelap hamabtan pada LDR besar maka rangkaian akan bekerja.

Fungsi dari relay pada rangkaian diatas adalah sebagai kontaktor dari jala-jala PLN. Yaitu untuk menyalakan beban. Untuk beban sesuai  keinginan kita bukan hanya lampu saja. Mungkin bisa alarm dan lainnya.

Semoga rangkaian ini bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya. thank you….!!

%d bloggers like this: