Rangkaian saklar cahaya

Pada rangkaian ini kita menggunakan arus DC untuk mensupply rangkaian dan menggunakan relay sebagai kontak dari jala-jala PLN 220 volt. Jadi beban bukan hanya lampu saja bisa rangkaian yang lain sesui keinginan kita.

Pada rangkaian diatas menggunakan LDR (Light Dependent Resistor) sebagai komponen yang peka cahaya. Komponen ini sama halnya dengan resistor yaitu sebagai hamabatan. Tapi hamabatan pada komponen ini berubah-ubah sesuai intensitas cahaya yang diterimanay. Prinsip kerja dari rangkaian diatas sangatlah sederhana yaitu transistor sebagai switch. Switch yang bekerja sesuai dengan tegangan. Jika basis pada transistor mendapat tegangan maka arus akan mengalir dari kolektor ke emitor dan relay akan aktif . Untuk memberi tegangan pada basis ini adalah dari pembagi tegangan antara vr dan LDR. Jika LDR terkena cahaya maka hambatan kecil jadi tegangan yang masuk ke basis kecil dan rangkaian tidak bekerja. Dan begitu pula sebaliknya. Jika gelap hamabtan pada LDR besar maka rangkaian akan bekerja.

Fungsi dari relay pada rangkaian diatas adalah sebagai kontaktor dari jala-jala PLN. Yaitu untuk menyalakan beban. Untuk beban sesuai  keinginan kita bukan hanya lampu saja. Mungkin bisa alarm dan lainnya.

Semoga rangkaian ini bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya. thank you….!!

2 Responses to Rangkaian saklar cahaya

  1. Pingback: Rangkaian counter menggunakan 7 segment « Elektronika blog. . .

  2. Pingback: Line follower analog « Elektronika blog. . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: