Detektor suhu

Sekarang aku mau sharing gimana caranya membuat rangkaian detektor suhu yang simpel dan mudah, langsung aja ke TKP. Pada rangkaian detektor suhu ini kita memanfaatkan rangkaian ADC ( Analog to Digital Converter ) atau bisa dikatakan rangkaian yang digunakan untuk mengubah dari analog ke digital. Ada tiga tipe dari rangkaian ADC
– Flash
– Ramp (Counter)
– SAR (Successive Approximation Register)
Tapi pada rangkaian detektor suhu yang akan kita buat ini menggunakan ADC tipe flash. selain rangkaiannya yang simpel kita juga mudah untuk membuatnya. ini adalah blog diagram dari rangkaian detektor suhu,Blog diagram detektor suhu

1. Input

Pada rangkaian input ini kita menggunakan thermistor untuk sensor suhunya. selain harganya murah juga banyak terdapat di pasaran. thermistor yang digunakan jenis PTC ( positif temperature coefficien ). komponen ini sama halnya dengan resistor tapi nilai resistansinya berubah sesuai suhu yang mengenai komponen ini. jadi bisa digunakan sebagai detektor suhu. rangkaian inputnya seperti di bawah. kita menggunkan prinsip dari pembagi tegangan,

sensor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

rangkaiannya sangat simpel kan. jadi dari rangkaian di atas jika suhu berubah maka nilai resistansi dari thermistor juga akan berubah. dan mengakibatkan nilai outputnya juga berubah.

2. Rangkaian ADC

rangkaian ADC yang kita gunakan ini adalah ADC tipe flash. komponen utama dari rangkaian ini adalah op-amp. atau bisa dikatakan juga komparator, karena pada rangkaian ini op-amp difungsikan sebagai komparator. untuk rangkain ADC tipe flashnya bisa dilihat di bawah,

rangkaian diatas menggunakan prinsip dari komparator, menggunakan tegangan referensi 5 volt dan dibagi dengan resistor 10k. jadi nilai tegangan yang masuk pada tiap pin negatif op-amp berbeda sesuai prinsip dari pembagi tegangan. kemudian output dari op-amp dihubungkan pada gerbang ex-or agar nyala outputnya bergantian. untuk lebih jelasnya bisa kita lihat nanti pada tabel kebenaran yang ada di bawah.

3. output

ini adalah rangkaian akhir dari rangkaian detektor suhu. kita hanya menggunakan LED sebagai indikator suhu. jadi pada rangkaian ini ada 5 LED yang nyalanya bergantian sesuai dengan level susu yang mengenai sensor. pada LED di pasang resistor sebesar 1k agar LED nya tidak putus. tapi juga tergantung tegangan yang diberikan pada LED yang kita pasang.

Jadi hanya menggunakan 3 blog diatas untuk membuat rangkaian detektor suhu. simpel kan rangkaiannya, untuk lebih jelasnya rangkaian yang lengkap bisa di lihat di bawah. rangkaian ini menggunakan  LED indikator level suhu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ini adalah tabel kebenaran dari rangkaian di atas.

 

 

 

 

 

– Gamabar PCB

        

ini adalah contoh rangkaian yang sudah berhasil saya buat.

selamat mencoba semoga rangkaian ini bisa bermanfaat untuk agan agan semua, thank you.

4 Responses to Detektor suhu

  1. TITO says:

    CARA KERJANYA GIMANA GAN

    • Yuabi says:

      cara kerjanya hanya di compare saja nilai tegangannya menggunakan op-amp seperti gambar yg di atas,
      ini ADC tipe yang flash menggunakan op-amp

  2. Ramdhan says:

    itu lampu nya bekerja kalo suhu nya beda-beda atau gimana gan.?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: